counter

Jumat, 22 Maret 2013

Aku dan KMIP UGM


 
 
            KMIP adalah kepanjangan dari Keluara Mahasiswa Ilmu Perikanan, yang memiliki arti bahwa seluruh mahasiswa Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UGM adalah anggota dari Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan. Tidak hanya mahasiswa yang masih kuliah di Perikanan UGM saja yang menjadi angggota Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan tetapi para alumni juga masih termasuk didalamnya, ditambah juga dengan dosen-dosen yang mengampu di Jurusan Perikanan UGM. Sebab KMIP adalah wadah yang menaungi seluruh civitas Perikanan UGM yang terdiri dari mahasiswa, dosen maupun alumni.
KMIP mempunyai banyak department yang memiliki banyak progam kerja pada masing-masing bidangnya, dimana progam kerja ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerjasama antar angkatan anggota Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan. Salah satu contoh progam kerja dari KMIP yang untuk pengapdian kepada masyarakat adalah membangun budidaya ikan kolam terpal didaerah Kaliurang, bekas erupsi Gunung Merapi. Progam kerja ini bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk Daerah Kaliurang agar aktifitas penduduk yang sempat lupuh dapat kembali lagi seperti semula.
KMIP bukan suatu organisasi yang dijalankan oleh pengurus saja tetapi KMIP memerlukan campur tangan dari seluruh civitas Perikanan UGM. Maka dari itu peran dari setiap anggota KMIP merupakan aspek penting dalam kelanjutan KMIP di masa mendatang.
Dari judul “Aku dan KMIP UGM” memiliki arti bahwa aku atau saya sebagai mahasiswa baru Jurusan Perikana UGM telah menjadi anggota Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan, dimana saya harus berusaha menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan anggota Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan sebelumnya. Peran dari saya dan anggota KMIP baru akan menjadi aspek penting dalam kelanjutan KMIP.
Dalam KMIP semua anggota KMIP berpengaruh penting dalam kelanjutan KMIP. Seperti contohnya membantu menyukseskan pelaksanaan progam kerja yang diadakan dari department-departemen yang ada di dalam KMIP. Pengurus KMIP hanya berperan dalam menjalankan tugas untuk mengemban amanah dari anggota KMIP, yakni seluruh civitas Jurusan Perikanan UGM. Kegiatan-kegiatan KMIP contohnya seperti FISH CUP X dengan mendapatkan Juara 1; membuka stand “Fakultas Perikanan” di GSP; Workshop pendampingan budidaya lele di Merapi; bakar-bakar ikan ala KMIP; kerjabakti bersama mahasiswa, dosen, dan karyawan Perikanan UGM; bersih pantai; Pelatihan jurnalistik desain grafis; Makrab; dan lain-lain.
Di dalam KMIP juga ada department Kewirausahaan yang dimana nanti didalamnya anggota KMIP diajarkan berbagai cara berwirausaha yang bertujuan supaya mahasiswa dapat membuka usaha sendiri agar tidak lagi membebani orang tua, seperti contohnya Mahasiswa Perikana UGM angkatan 2006 yang bernama Aditya Vidiantara yang membuka usaha café di daerah Condongcatur.

by : Ade Rahma Sasmita'2011

2 komentar:

  1. anak KMIP juga ya mb ? salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tahun lalu... sekarang udah lepas.. karna mau konsen kuliah.. heheee hidup-hidupkan KMPI ya...

      Hapus